Minggu, 04 Desember 2011

Tugas 1 ( ilmu sosial dasar )

Pendidikan tinggi diharapkan  dapat menghasilkan sarjana - sarjana yang mempunyai seperangkat pengetahuan diantaranya : kemampuan akademis, kemampuan profesional, dan kemampuan personal
Sebutkan ketiga kemampuan tersebut dan jelaskan dengan contoh - contohnya. 

Kemampuan akademis : adalah gambaran tingkat pengetahuan atau kemampuan siswa terhadap suatu materi pembelajaran yang sudah dipelajari dan dapat digunakan sebagai bekal atau modal untuk memperoleh pengetahuan yang lebih luas dan kompleks lagi, maka dapat disebut sebagai kemampuan akademik . Kemampuan akademik juga merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kemampuan akademik juga dibutuhkan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tulisan, menguasai peralatan analisis, maupun berpikir logis, kritis, sistemmatis, dan analisis, memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi, serta mampu menawarkan alternative pemecahannya.

contohnya seseorang dapat dianggap pintar atau memiliki kemampuan akademik diatas rata - rata apabila seseorang bisa meraih IPK 4.0 ( jika mengenyam perguruan tinggi) atau memiliki IQ 180 seperti bapak bj. habibie

Kemampuan Profesional : adalah kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam, selain itu kemampuan yang harus dimiliki dalam bidang profesi yang menjadi pilihan tenaga ahli yang bersangkutan. Dengan kemampuan ini, para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi dalam bidang profesi yang digeligutinya.

contohnya seseorang yang menggeluti bidang profesi yang dikuasainya dapat bertanggung jawab atas pekerjaannya, tidak menunda - nunda menyeselesaikan pekerjaannya, serta jika ada masalah pribadi tidak mencampur adukan dengan masalah kantor.

Kemampuan Personal : adalah kemampuan kepribadian yang dimiliki oleh seseorang. Dengan kemampuan ini seseorang diharapkan memiliki pengetahuan diluar kemampuan akademik sehingga mampu menunjukkan sikap, tingkah laku, cara berpikir, dan tindakan yang mencerminkan kepribadian yang baik sehingga dapat dihargai oleh orang lain, memahami dan mengenal nilai - nilai keagamaan, kemasyarakatan, dan kenegaraan, serta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh orang lain.

contohnya seseorang memiliki etika yang baik dan dapat bersosialisai baik dengan lingkungan sekitar sehingga bisa dihargai oleh orang lain, ini juga merupakan nilai tambah untuk seseorang tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar