Selasa, 10 Januari 2012

Pemuda dan Identitas

       Pemuda ? apa yang terlintas dalam pikiran kamu - kamu semua ketika mendengar kata pemuda ? menurut saya pribadi, pemuda itu merupakan seseorang yang mempunyai semangat yang sedang menggebu - gebu dan sedang dalam proses tahapan pencarian jati dirinya. Pemuda juga merupakan generasi penerus bangsa yang merupakan aset bangsa yang sangat berharga dibandingkan apapun karena maju mundurnya suatu bangsa tidak lepas dari peranan para pemuda itu sendiri. Beberapa orang mengatakan, pemuda tidak dilihat dari usianya melaikan dari semangat yang dimilikinya.
 
      Nah sekarang kalau kamu ditanya sama seseorang mengenai identitas atau jatidiri, apa yang akan kamu jawab ? menurut saya pribadi lagi ini iya, hheee Identitas atau jati diri itu sangat penting dimiliki seseorang karena identitas atau jati diri merupakan sikap atau sifat yang terdapat dalam diri seseorang. Pada saat usia masih mudalah biasanya orang mulai melakukan pencarian jati diri atau mengenali identitas dirinya sendiri. Dalam tahap pencarian identitas inilah terkadang seseorang masih menemukan kendala atau hambatan. Apalagi dizaman yang serba canggih, modern dan bebas seperti sekarang ini. Pergaulan merupakan faktor utama yang mempengaruhi terbentuknya jatidiri seorang pemuda. Hal itu dapat kita buktikan dengan melihat, mendengar dan membaca media masa seperti televisi, radio, surat kabar dan masih banyak lagi,  Tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa cukup banyak tindak kriminal yang yang diberitakan oleh semua media massa tersebut, pelakunya adalah para pemuda. Mulai dari perkelahian antar geng, tawuran antar pelajar, narokoba, dan tindakan asusila lain yang sudah dikatakan melenceng jau dari norma - norma dan aturan - aturan yang berlaku. Dari contoh tersebut dapat dikatakan bahwa moral pemuda zaman sekarang sudah menurun dibanding pemuda generasi sebelumnya. Pemuda mulai kehilangan jati dirinya karena mereka cenderung ikut-ikutan ke dalam pergaulan yang bebas yang sedang ngetren saat ini. 

       Sangat disayangkan apabila kita melihat gambaran mengenai pemuda seperti diatas. Karena pemuda itu sebenarnya memiliki semangat juang yang tinggi untuk melakukan perubahan yang sangat berpengaruh dalam meneruskan perjuangan bangsa dan agama. Ada beberapa solusi yang agar pemuda tidak kehilangan jatidirinya, yaitu pendidikan agama dan akhlak yang mulia juga harus ditanamkan dari kecil kepada para pemuda agar tidak mudah terpengaruh kedalam tindakan kemaksiatan, Selain itu sangat diperlukan peran orang tua dalam mendidik anak-anaknya dan memberikan kasih sayang serta perhatian yang extra kepada anak - anaknya. Oleh karena itu Kita juga sebagai pemuda-pemudi harapan bangsa jangan sampai kehilangan identitas kita. Marilah kita mulai perubahan dari diri kita sendiri, sekecil apapun perubahan kita sangat besar manfaatnya bagi negara dan bangsa serta demi mewujudkan dan melanjutkan cita - cita pahlawan yang telah mendahului kita dan berguna bagi nusa dan bangsa.

0 komentar:

Posting Komentar